Makanan Khas Klaten yang Wajib Kamu Cicipi Saat Mudik

Makanan Khas Klaten

Sebelumnya kita telah mendaftar tempat wisata yang bisa dikunjungi saat mudik Lebaran ke Klaten, pada artikel ini kami akan membahas makanan khas yang bisa kamu cicipi saat mudik ke Klaten. Seperti yang telah diketahui, Klaten merupakan kabupaten yang mempunyai banyak makanan khas, hal ini membuat kamu kangen dengan rasanya saat berada di perantauan. Berikut ini makanan khas Klaten yang bisa kamu nikmati saat mudik

Nasi Tumpang Sambel Lethok

nasi tumpang
Nasi tumpang (google.com)

Sebagai orang asli Klaten, pasti sangat familiar dengan Nasi Tumpang. Nasi Tumpang merupakan nasi yang diberi sayuran rebus seperti daun pepaya, daun bayam, pepaya rebus, kacang panjang yang dicampur dengan kelapa yang telah dibumbui gurih dan disiram dengan sambal lethok. Sambal lethok adalah sambal yang terbuat dari tempe yang hampir busuk, dimasak dengan santan, dibumbui dengan banyak rempah dan cabai sehingga mempunyai rasa yang unik dan enak. Tidak hanya dengan nasi saja, Sambal lethok biasanya juga dicampur untuk makan bersama bubur lemu. Di sambal lethok ini bisa juga dicampur dengan tahu, telur, ataupun dengan koyor sapi. Nasi tumpang ini lebih nikmat lagi jika kamu memakannya dengan alas daun pisang. Untuk makan nasi tumpang ini, anda bisa menemukan pedagangnya di sekitaran pinggir jalan di setiap kota atau kecamatan yang ada di Klaten, yang biasanya dijual pada pagi atau sore hari.

Sate Kambing

Sate Kambing
Sate Kambing

Sate Kambing memang banyak di berbagai daerah di Indonesia, namun tidak sah jika kamu mudik ke Klaten tidak menikmati sate kambing. Sate kambing dari Klaten dikenal mempunyai ciri khas bumbu yang berbeda. Manis, pedas dan gurih, merupakan perpaduan rasa yang enak dari sate kambing Klaten. Dagingnya yang empuk, berasal dari kambing yang usianya masih muda. Selain sate kambing kamu bisa menikmati olahan kambing yang lain seperti gulai kambing, tongseng kambing, dan tengkleng kambing. Salah satu sate kambing yang viral beberapa waktu yang lalu adalah Sate kambing tali roso yang ada di daerah Wedi Klaten. Dikenal dengan porsinya yang besar, sate kambing tali roso ini ciri khas nya adalah daging kambingnya ditusuk menggunakan ruji sepeda. Untuk harga rata-rata sate kambing di Klaten dibanderol dengan harga Rp 35.000 – Rp 60.000. Cukup terjangkau bukan.

Sop Ayam Pecok

sop ayam pecok
Sop ayam pecok (google.com)

Jika kamu melewati sepanjang jalan di kota Klaten dan sekitarnya, akan melewati beberapa warung makan sop pecok. Sop yang berisi irisan ayam kampung ini disajikan dengan kuah yang rasanya gurih dengan bumbu rempah. Rasanya yang khas, menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Sop ayam pecok ini biasanya dibagi menjadi beberapa bagian, seperti sop paha, sop dada, sop brutu, sop sayap, sop kulit, sop kepala, sop ceker, dan sop campur. Jika kamu ingin merasakan sop pecok ini, kamu bisa mencobanya di warung Sop Ayam Pecok Pak Min yang terkenal. Dibanderol dengan harga Rp 10.000 – Rp 20.000 saja, kamu bisa menikmati semangkok sop pecok ayam lengkap dengan nasinya.

Tempat Wisata di Klaten Untuk Mengisi Libur Lebaranmu

Ayam Panggang Klaten

ayam panggang klaten
Ayam panggang klaten (source : google.com)

Terlihat seperti ayam panggang biasa, namun yang membedakan ayam panggang khas Klaten ini adalah bumbunya yang melimpah dan kaya akan rempah. Bumbunya gurih karena menggunakan santan. Sebelum dipanggang, ayamnya diungkep sampe bumbunya meresap dan sampai dagingnya empuk. Ayam panggang khas Klaten ini cocok dimakan dengan nasi hangat, lalapan dan sambal tomat yang pedas. Untuk ayam panggang Klaten ini kamu bisa membelinya di “Ayam Panggang Ny. Anggraini” di Jl. Rajawali no. 113 Kel. Kabupaten, Kec. Klaten Tengah atau “Ayam Panggang Mbah Dinem” di Jl Sungkur, Semangkak, Kec. Klaten Tengah.

Keripik Belut

keripik belut
Keripik belut (source : google.com)

Kita seringkali menemukan belut yang digoreng dan digunakan untuk lauk yang diberi sambal. Berbeda dengan keripik belut ini, sesuai dengan namanya, terbuat dari belut yang berukuran kecil-sedang yang dilumuri tepung dan digoreng sampai renyah. Keripik belut ini umumnya digunakan sebagai camilan, rasanya gurih dan bikin ketagihan. Banyak orang yang menjadikannya sebagai oleh-oleh jika dari Klaten. Untuk harganya dijual mulai dari harga Rp 150.000 per kilonya. Kamu bisa menemukan keripik belut ini dijual di toko oleh-oleh atau kamu bisa membelinya langsung dari pembuatnya langsung di daerah Ngadisari, Juwiring, Klaten.

Selain beberapa makanan di atas, sebenarnya masih banyak kuliner khas Klaten yang bisa kamu nikmati waktu mudik. Seperti Sego wiwit, nasi trancam, soto bebek dan keripik ceker. Untuk menikmati kuliner tersebut kamu tidaklah susah untuk menemukannya, karena banyak warung makan di Klaten yang menyediakan makanan tersebut. Apakah kamu sudah membuat daftar makanan apa saja yang akan kamu cicipi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *